Tuesday 7 January 2020

Setel Time, Date , dan TimeZone di Linux

Mempunyai waktu yang tepat di Linux sangan penting, Tidak peduli kalian menggunakan Linux untuk Keperluan Pribadi atau kebutuhan Server. Jadi di Artikel ini saya akan memberikan toturial Setel date di Linux kalian

untuk mengecek waktu di linux kalian bisa memnggunakan syntax "date"

untuk Setel Tanggal di command line kalian bisa menggunakan syntax "date +%Y%m%d -s "TahunBulanTanngal", sebagai contoh saya akan mengubah waktunya ke 2003 maret 03
dengan syntax "date +%Y%m%d -s "20030303" "

kalau untuk set waktunya gunakan syntax "date +%T -s "Jam:Menit:Detik" ", sebagai contoh saya akan mengubah waktunya ke jam 3 di menit 33 detikke 33 dengan syntax
"date +%T -s "03:33:33" "

"Terus kalo mau ubah waktu dan tanggal sekalian bisa gak?" Jawabannya bisa malah ini cara paling gampang, gunakan syntax "date -s "tangga Bulan tahun Jam:menit:detik", contohnya saya ingin mengubah date ke 03 maret 2003 di jam 03.33.33 Seperti gambar di bawah

Untuk mengubah timezone kita cp file timzonenya ke localtime sebagai contoh saya ingin mengubah zone time ke WiTA(Makkasar) jadi snytaxnya "cp /usr/share/zoneinfo/Asia/Makassar /etc/localtime" seperti gambar di bawah

Selamat mencoba